Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir


         "Merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir. Dan terutama esensi kemerdekaan berpikir ini harus ada di guru dulu. Tanpa terjadi di guru, tidak mungkin bisa terjadi di murid," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menjelaskan konsep Merdeka Belajar yang diusungnya..

Pada tahun mendatang, sistem pengajaran juga akan berubah dari yang awalnya bernuansa di dalam kelas menjadi di luar kelas. Nuansa pembelajaran akan lebih nyaman, karena murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi lebih membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi, dan tidak hanya mengandalkan sistem ranking yang menurut beberapa survei hanya meresahkan anak dan orang tua saja, karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing. Nantinya, akan terbentuk para pelajar yang siap kerja dan kompeten, serta berbudi luhur di lingkungan masyarakat.

Ini adalah salahsatu contoh dari pengimplementasian merdeka belajar.

1. Kasus Ilustratif 
Tujuan: Siswa kelas 4 SD, dapat membedakan zat cair, padat, dan gas

2. Aktivitas Pembelajaran

1. Diluar ruang kelas, siswa dibagi dalam tiga kelompok. Klp 1 berpegangan erat, Klp 2 cukup merapat, Klp 3 renggang. Salah seorang siswa  diminta menerjang kelompok-kelompok tersebut. Semua kelompok, duduk berkumpul dan mendiskusikan apa yang terjadi.

2.  Setiap kelompok  diminta mengambil apa saja yang bisa di bawa dari sekitar luar sekolah. Kemudian diminta mengklasifikasikan mana yang kategori padat, cair dan gas. 

3. Setiap kelompok diminta untuk secara kreatif mempresentasikan hasil klasifikasi dan menjelaskan hasil klasifiksinya. Guru memoderasi proses diskusi dengan memberikan beberapa clue, afirmasi dan klarifikasi yang relevan. 

4. Siswa kembali ke kelas, dilanjutkan dengan diskusi, demonstrasi dan prkatek menantang dari guru.

5. dan selanjutnya

Dan masih banyak contoh-contoh lainnya.


Semoga manfaat...




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merdeka Belajar adalah Kemerdekaan Berpikir"

Post a Comment