Guru Penggerak


         Guru Penggerak adalah guru yang mengutamakan murid dan pembelajaran murid dari hal lain, bahkan dari karirnya sendiri,  menjadi guru penggerak itu berarti mengambil tindakan tindakan tanpa disuruh. "Tanpa diperintahkan untuk melakukan yang terbaik bagi muridnya, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. 
Nadiem mengatakan, saat ini masih banyak guru yang mengira reformasi pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan, kebijakan dan anggaran, hanya dilakukan oleh pemerintah maupun berdasarkan kurikulum saja.

Setidaknya ada lima perubahan kecil yang bisa dilakukan guru dari dalam kelas yaitu dengan mengajak lebih sering siswa berdiskusi, memberi ruang yang lebih luas untuk murid berperan menjadi guru, mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan semua kelas, menemukan bakat pada murid yang kurang percaya diri, dan menawarkan kepada guru lain ketika mengalami kesulitan untuk melakukan apa pun (kolaboratif).

Kegiatan yang bisa dilakukan sebagai contoh adalah sebagai berikut:
1. Memanfaatkan waktu pembelajaran seoptimal mungkin. 
2. Kegiatan pembelajaran tak melulu berfokus di dalam kelas, bisa juga dilakukan di luar kelas. 
3. Ajak anak ke luar kelas dan mempelajari lingkungan sekitarnya. Ini juga juga bisa mengasah kemampuan critical thinking siswa.

dan masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh guru sebagai guru penggerak.


Semoga manfaat.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guru Penggerak"

Post a Comment