Selamat Datang di Blog gubuginformatika.blogspot.com. _Blog Informasi Pendidikan, Informatika dan Implementasi Logika melalui Literasi Menulis._

MATA PELAJARAN INFORMATIKA LAHIR DI KURIKULUM 2013


MATA PELAJARAN INFORMATIKA 
LAHIR DI KURIKULUM 2013


Setelah beberapa tahun yang lalu Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hilang dari Kurikulum 2013 yang digantikan dengan munculnya Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK), maka langsung atau secara tidak langsung muncul pro dan kontra, yang diantaranya kurang dan bahkan tidak berjalannya BTIK di hampir semua sekolah sampai dan lain sebagainya.

Pada hari sabtu tanggal
19 Januari 2019 yang bertempat di Aula Gedung A Kemendibud Jakarta Pusat diadakan sebuah Rapat Kerja Nasional guru TIK se Indonesia dengan tema”Sosialisasi Mata Pelajaran Informatika dalam Kurikulum 2013 dan Tahun Pelajaran 2019/2020”. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Guru TIK PGRI (IGTIK PGRI) / Komunitas Guru TIK/KKPI (KOGTIK) yang bekerjasama dengan berbagai pihak pendidikan, organisasi guru dan perusahaan terkait diantaranya Kemendikbud, PGRI, PT.EPSON, Eduspec, Microsoft dll.

Dalam kegiatan tersebut yang diagendakan membahas banyak hal diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Peran Guru TIK dalam Kurikulum 2013, 2. Sosialisasi Mata Pelajaran Informatika dalam Kurikulum 2013, 3. Rapat Kerja Guru TIK dan arahan Pembina, 4. Pembuatan Bahan Ajar, Modul dan  Buku Pelajaran Informatika dan 5.Pembuatan Bahan Ajar, Modul dan Buku Pelajaran Informatika Advanced (Online) yang dimotori oleh Dr. Supriano, M.Ed.
(Direktur Jenderal GTK), Dr. Awaluddin Tjalla (Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan), Prof. Eko Indrajit, Dr. Indra Charismiadji, Rudy Apkomindo, Prof. Deni Darmawan, Benny Kusuma, Ph.D dan team IGTIK PGRI sebagai narasumber dan pemateri dengan susunan acaranya adalah 1. Registrasi peserta, 2. Pembukaan  acara (mc: ibu Wiwin Sabayanti), laporan panitia dan sambutan-sambutan (ketua ikatan guru TIK PGRI, bapak Bambang Susetiyanto), menyanyikan lagu indonesia raya (ibu Wiwin Sabayanti), pembacaan doa (bapak Muhammad Firman Suwarya), Keynote speaker: (mendikbud RI / Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP *}, pembina ikatan guru TIK PGRI (Dr. Indra Charismiadji)), peran guru TIK dalam kurikulum 2013 (1. Dirjen GTK/ Dr. Supriano, M.Ed., 2. Kepala Balitbang/ Ir. Totok Suprayitno, Ph.d,), sosialisasi mata pelajaran  informatika dalam kurikulum 2013 (1. Kepala pusat kurikulum dan perbukuan / Dr. Awaluddin Tjalla, 2. Staf ahli bidang inovasi dan daya saing / Ir. Ananto Kusuma Seta, M.Sc., Ph.d), ishoma (sie konsumsi), rapat kerja guru TIK dan arahan pembina (prof. Eko Indrajit),  penutupan rakernas (sie acara) ini berjalan dengan lancar.

Kegiatan Rakernas ini diawali oleh sambutan dari Ketua IGTIK PGRI yang menekankan akan pentingnya semangat dalam perjuangan bahwa semangat merupakan modal dasar IGTIK PGRI dalam memperjuangkan kembalinya mata pelajaran TIK yang kini menjadi Informatika dalam rangka untuk mencerdaskan anak-anak didik kita semua.

Kemudian dilanjut dengan arahan dan pembukaan oleh Ketua PGRI Dr.Unifah Rosyidi yang menggaris bawahi diantaranya tentang Kekuatan guru adalah moral intelektual karena itu perjuangan ini kita perjuangkan dengan baik, Informatika, teknologi adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehar-hari dan anak kita, Mendorong informatika agar mendapatkan tempat yang terbaik dalam sistem pendidikan.
Saya ucapnya, mungkin banyak dari kita yang masih belum paham tentang revolusi Industri 4.0 dan masih tertatih-tatih untuk memahaminya tetapi sekarang ternyata sudah bergerak Revolusi Industri 5.0 khususnya dalam pendidikan.
Era ini adalah era kompetensi base, era meritokrasi yang mengedepankan kualifikasi,  kompetensi dan keahlian dan kita sebagai guru harus jadi penggerak perubahan.
Guru TIK, informatika seharusnya bangga karena ketika dunia ini berubah disemua segi kehidupan, informatika, teknologi merubah cara bekerja, belajar, cara berfikir, pola fikir dalam kehidupan.
Jadilah penggerak perubahan, jaga jari kita jangan turut menyebar hoax, jangan turut menyebarkan kebencian, cek dan ricek dulu bijaksanalah dengan jari dan tanganmu (imbuhnya).
Salam perjuangan yang menyatukan PGRI
Hidup guru à Hidup
Hidup PGRI à Hidup
Solidaritas à Yes
Gemuruh semangat salam perjuangan menutup arahan yang disampaikannya.

Proses pembelajaran dalam TIK dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0 adalah acara selanjutnya yang disampaikan oleh Ketua Microsoft Indonesia Bapak Benny Kusumah yang dalam pesannya mengangkat dasarnya pembelajaran bahwa TIK bukan sekedar memindahkan proses pembelajaran dari konsep ke digital melainkan proses pembelajaran, kolaborasi antara siswa dengan guru, guru dengan siswa, guru dengan guru ataupun siswa dengan siswa bahkan antara Negara yang satu dengan Negara yang lain.

Kegiatan ini semakin gemuruh dengan antusias oleh seluruh peserta yang hadir pada Rakernas tersebut dengan kegitan atau acara yang sangat ditunggu yang merupakan dan menandakan bukan saja Mata Pelajaran Informatika lahir tapi melainkan tentang apa, bagaimana Mata Pelajaran Informatika ini diterapkan di sekolah dari tingkat Dasar, Menengah dan Atas. Dan semua itu dijelaskan oleh Ibu Sri Nurhidayati dari Pusat Kuriukulum dan Perbukuan dan Bapak Temu Ismail dari Dirjen GTK.

Ibu Sri Nurhidayati kapuskurbuk menekankan diantaranya bahwa: dengan adanya mata pelajaran baru yatu Informatika tentu akan mengalami perubahan yang sangat luar biasa.
Kerangaka 2013 dikembangkan dalam rangka menyiapkan paradigma bagaimana menyiapkan pembelajaran yang akan datang untuk para didik:
1.    Kualitas Karakter:
-       Bagaimana menghadapi lingkungan yang terus berubah (Iman takwa, cinta tanah air, rasa ingin tahu, dll)
2.    Kompetensi:
-  Bagaimana mengatasi tantangan yang kompleks (berfikir kritis/memecahkan masalah, kreativitas, dll)
3.    Literasi Dasar:
-     Bagaimana menerapkan keterampilan inti untuk kegiatan sehari-hari (Literasi bahasa dan sastra, literasi sains, dll).

Target adanya mata pelajaran Informatika untuk siswa diantaranya adalah:
Computational Thinker
Innovative designer
Knowledge constructor
Digital citizen
Empowered learner
Global collaborator
Creative communicator

Muatan informatika dalam kurikulum 2013:
Terintegrasi dalam kebijakan kurikulum secara komprehensif, organisasi muatan terkoneksi dengan berbagai mata pelajaran terutama matematika dan sains.
Mata pelajaran informatika adalah pengorganisasian dalam bentuk kompetensi sesuai jenjang pendidikan.

Kompetensi yang dikembangkan melalui mapel Informatika:
1.    Berfikir (berfikir komputasional yang menjadi landasan dan prinsip pemecahan persoalan yang akan diselesaikan dengan komputer)
2.    Berkarya dan terampil (kemampuan dalam menggunakan dan menghasilkan produk TIK serta berkomunikasi dan berkolaborasi didunia digitala dengan memanfaatkan sarana TIK).
3.    Berpengetahuan (kemampuan tentang keilmuan informatika yang mencakup lima bidang informatika yaitu teknik komputer, jaringan komputer/internet, analisis data, algoritma dan pemrograman dan dampak sosial informatika)
4.    Berkarakter (berkemampuan dalam mendayagunakan teknologi untuk menunjang kehidupan berkomunikasi)

Muatan Informatika:
1.    Teknologi informasi dan komunikasi
2.    Berfikir Komputasional
3.    Bidang keilmuan informatika
4.    Praktik lintas bidang

Dan Bapak Temu Ismail  Dirjen GTK menekankan pada tindak lanjut Informatika sebagai perubahan TIK dalam kurikulum 2013 bahwa merupakan tantangan pendidikan abad 21 adalah SDM Indonesia masa depan (berkarakter kuat, multi kecapakan abad 21 dan bersertifikat, elastis dan pembelajar sepanjang hayat, innovatif dan entepreneur, kwargaan global) yang membutuhkan sebuah Grand Desain untuk meningkatkan kualitas peserta didik perlu diadakan berbagai macam inovasi dan cara agar supaya subkompetensi pembelajaran dapat mudah disampaikan dan mampu diserap peserta didik maka salahsatu caranya bisa menggunakan kegiatan MGMP yang bersangkutan, untuk MGMP TIK sepakat sama dengan MGMP Informatika (imbuhnya).


__ -- oo0oo --__


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "MATA PELAJARAN INFORMATIKA LAHIR DI KURIKULUM 2013"