Selamat Datang di Blog gubuginformatika.blogspot.com. _Blog Informasi Pendidikan, Informatika dan Implementasi Logika melalui Literasi Menulis._

Menggapai Khusnul Khotimah UNBK



         Ujian Nasional Berbasis Komputer atau yang biasa di sebut dengan UNBK beberapa tahun belakangan namanya menjadi ngetrand dan viral di kalangan pendidikan baik itu tingkat menengah pertama ataupun tingkat menengah atas. 
Kengetrenan dan keviralan ini semakin mencapai puncaknya ketika di waktu menjelang semester genap pada tingkat akhir. 

Banyak istilah hal yang unik dan menarik pada UNBK ini seperti misalnya dengan munculnya istilah token yang tak lain dan tak bukan adalah merupakan sebuah kode atau sandi ataupun password yang untuk melaksanakan tes pelaksanaan pada setiap mata pelajaran. 
Uniknya token ini dirilis dan terus diperbaharui secara otomatia pasa skala 15 menit sekali. 

Pada tahun 2020 ini pelaksanaan UNBK merupakan yang terakhir kalinya karena mengacu pada peraturan menteri yang baru bahwa pelaksanaan UNBK pada tahun berikutnya akan ditiadakan. 

Beragam muncul penafsiran dari kata ditiadakan tersebut ada yang berpendapat bahwa kata ditiadakan tersebut artinya dihapus untuk selamanya artinya sudah tidak ada lagi pelaksanaan UNBK secara utuh. Ada juga yang berpendapat bahwa kata ditiadakan tersebut nantinya akan diganti dengan model yang lain seperti belakangan muncul dengan istilah AKM atau Assesment Kompetensi Minimal dengan metode dan ketentuan didalamnya. 

Menurut Sekdis dikbud Jabar pada penyampaian dan pembukaan acara Workshop Proktor Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun 2020 hari rabu tanggal 11 maret 2020 di hotel Yello Bandung, bahwa apapun yang menyangkut UNBK kalau ini adalah pelaksanaan UNBK yang terakhir maka kita harus memperlihatkan keunggulan dari pelaksanaan UNBK ini, kita harus bekerja keras menpilkan kesan kesan yang baik pada tahun ini. 

Pada acara tersebut yang dihadiri oleh sekitar 135 sekolah dari berbagai kabupaten yang di terdapat di Jawa Barat, dia melanjutkan bahwa anggap saja anak didik kita adalah putra putri kandung kita semua yang akan melaksanakannya, sehingga ada semangat dan motovasi khusus agar pelaksanaan UNBK terakhir ini berakhir dengan Khusnul Khotimah.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggapai Khusnul Khotimah UNBK"

Post a Comment