Selamat Datang di Blog gubuginformatika.blogspot.com. _Blog Informasi Pendidikan, Informatika dan Implementasi Logika melalui Literasi Menulis._

GENERASI Z


Generasi bisa diartikan sebagai sekelompok orang atau kaum yang sama waktu kehidupannya baik angkatan, ataupun keturunannya yang secara otomatis akan melekat pada ragam dan bentuk dari hubungan bersosial.

Dalam kehidupan sekarang hubungan sosial yang berlaku dimasyarakat hampir sudah banyak yang menggunakan dan memanfaatkan dari adanya kemajuan teknologi, dan media sosial dimana pengguna dari kemajuan teknologi dan media sosial tersebut hampir tidak ada batasan walau sebenarnya terdapat syarat-syarat dan ketentuan penggunanya, namun dengan mudah bisa di akalin dan disiati oleh seluruh pengguna seperti syarat usia minimal pengguna masih dengan mudah untuk di palsukan.

Ketika penggunaan kemajuan teknologi dan media sosial ini sangat pesat, maka sebenarnya ini telah melahirkan sebuah peradaban dan generasi yang baru, dimana generasi ini dikenal dengan istilah generasi Z atau biasa juga disebut dengan istilah Generasi Net.

Sebuah generasi masa kini yg sangat unik, dimana sebenarnya generasi Z atau generasi Net ini sudah terindikasi keberadaannya sejak tahun 1995, namun begitu jelas dan nyata setelah 20 tahun kemudian tepatnya memuncak sekitar diawal tahun 2015 an, disaat internet telah berkembang dengan sangat cepat.
 
Diantara keunikan generasi Z ini adalah pertama, lebih suka pada hal-hal yang simpel, praktis,  sederhana ataupun instan, dimana generasi ini biasanya tidak suka pada hal-hal yang membutuhkan proses panjang dan rumit, ketika ada suatu masalah generasi Z ini lebih suka pada solusi-solusi yang praktis. Kedua, lebih suka pada hal-hal yang berbau bebas seperti bebas berkreasi, bebas berekspresi dan berpendapat. Kita sering melihat ekspresi generasi Z ini dengan kreatif dan bebasnya dari ekspresi penggunaan bahasa yang serius sampai pada penggunaan bahasa yang mengundang gelak tawa. Ketiga, sangat mudahnya memperoleh ragam informasi di search engine hanyak hanya tinggal ketik dan klik membuat generasi ini lebih suka pada hal-hal yang jelas sehingga generasi ini juga akan cenderung kritis dalam berpola dan berfikir. Keempat, keunikan generasi Z atau generasi Net ini secara langsung atau tidak langsung membuat dan menganggap dirinya perlu diperlakukan secara unik dan bahkan istimewa. Walapun pada dasarnya setiap orang itu perlu adanya pengakuan terhadap segala usaha, kerja keras yang sudah didedikasikannya, namun generasi ini cenderung dan lebih suka jika diberi penghargaan, reward, pujian, ataupun sertifikat. Dan Kelima, generasi Z atau generasi Net ini sangat mahir dalam penggunaan berbagai macam gadget dan kemajuan dari teknologi informasi sebagai hal yang tidak terpisahkan dalam segala solusi yang diinginkan terhadap berbagai macam masalah yang ada padanya, generasi ini biasanya akan lebih memilih berkomunikasi dengan dunia maya, dunia media sosial dibanding harus melakukan tatap muka secara langsung dengan orang lain disekitarnya.
    

-- o0o --




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GENERASI Z"

Post a Comment